Cara Melancarkan BAB memang sangat banyak. Buang Air Besar atau disingkat BAB adalah proses pembuangan sisa-sisa makanan melalui anus. Permasalahan pencernaan sangat sering dialami orang sekarang ini, salah satu penyebabnya adalah pola makan yang diterapkannya. Memang salah satu cara melancarkan BAB secara alami adalah dengan menerapkan pola makan yang seimbang dan sehat. Kebanyakan orang yang mengalami permasalahan pada pencernaan sekarang ini dikarenakan konsumsi makanan-makanan yang kurang sehat seperti makanan cepat saji, junk food, dan beberapa makanan yang lainnya. Makanan tersebut diperkirakan akan membuat sistem pencernaan menjadi sedikit tersendat dan lama kelamaan akan membuat penyumbatan pada organ pencernaan dan hasilnya bab menjadi tidak lancar.

Apabila bab tidak lancar maka dapat memberikan dampak yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan mungkin saja bisa menyebabkan beberapa penyakit baik ringan maupun penyakit yang berat. Hal ini dikarenakan sisa hasil dari makanan yang menjadi kotoran tidak terbuang dengan sempurna dan menumpuk di organ pencernaan. Penumpukan kotoran yang ada di organ pencernaan ini akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh, jadi apabila mengalami kesulitan BAB sebaiknya segera diatasi secepat mungkin untuk menghindari penyakit yang datang akibat penumpukan kotoran tersebut.

Penyebab BAB Tidak Lancar

Berdasarkan penelitian ada beberapa penyebab terjadinya kesulitan buang air besar selain pola makan yang kurang sehat. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan air putih yang mengakibatkan cairan dalam tubuh berkurang. Menurut kami kurangnya cairan dalam tubuh sangat mengerikan, karena tubuh menjadi rentan sekali terhadap penyakit yang timbul akibat dari dalam tubuh. Kekurangan cairan dalam tubuh sering sekali mengakibatkan organ-organ dalam tubuh manusia menjadi tidak bekerja sebagaimana mestinya, dan akibatnya akan muncul penyakit yang berbahaya.

Masih ada penyebab lain yang menurut kami perlu untuk diketahui, karena dengan mengetahui penyebabnya akan membuat kita bisa mencegah terjadinya sulit buang air besar tersebut. Dengan demikian kita bisa terhindar dari sulitnya buang air besar serta bisa menjaga tubuh kita tetap dalam kondisi prima dan sehat. Selain dari kurangnya asupan air penyebab sulitnya buang air adalah kurangnya serat di dalam tubuh. Serat merupakan sebuah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk orang pencernaan, karena serat ini memang berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan dan benar-benar membuang kotoran sisa makanan yang ada pada usus dan organ pencernaan.

Jadi sebiasa mungkin makanlah makanan yang mengandung banyak serat seperti pepaya, mangga, daun bayam, daun singkong dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi serat setiap hari akan memperlancar pencernaan dan kemudian akan memberikan tubuh yang sehat karena sering kali penyakit timbul dari gangguan pencernaan.

Cara Praktis Agar Lancar BAB

Cara paling simpel dari para pakar kesehatan yaitu meminum air putih secara cukup untuk satu hari. Himbauan ini diberikan mengingat kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk mencukupi kebutuhan akan air putih setiap harinya. Untuk seberapa banyak kebutuhan air putih dalam sehari Anda perlu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi, karena kebutuhan ini bisa berbeda setiap orang tergantung dari kondisi badan dan intensitas kegiatan orang tersebut. Jadi dengan berusaha untuk mencukupi kebutuhan akan air putih setiap harinya bisa menjadi salah satu cara melancarkan BAB secara alami yang mudah. Jadi cara melancarkan BAB secara alami bisa dilakukan secara rutin mengonsumsi serat yang baik bagi saluran pencernaan bagi tubuh.

Apabila Anda mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti sulitnya buang air besar, maka Anda perlu untuk segera mengatasinya. Mungkin ada beberapa cara alami yang sebenarnya bisa dilakukan dari pada mungkin harus ke dokter dan meminum obat. Cara alami dipercaya tidak memiliki efek samping dengan resiko yang tinggi, sehingga kebanyakan orang beranggapan lebih aman apabila mengatasi permasalahan pada tubuh dengan menggunakan bahan alami.

Mengonsumsi Buah yang Kaya Serat

Salah satu cara melancarkan BAB secara alami yang juga tidak sulit dan membutuhkan biaya yang besar adalah mengonsumsi buah yang kaya akan serat seperti pepaya dan mangga.

Buah pepaya dipercaya memiliki khasiat untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga proses pencernaan dan pembuangan kotoran sisa makanan menjadi lebih lancar. Buah pepaya memang dipercaya merupakan buah yang memiliki banyak khasiat, bahkan bukan hanya buahnya sampai kepada daunnya pun memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Salah satu khasiat dari daun pepaya adalah memperlancar buang air besar, sehingga mengonsumsi daun pepaya pun bisa membantu Anda untuk mengatasi permasalahan dalam hal pencernaan dan juga organ pencernaan supaya badan menjadi lebih sehat.

Mengonsumsi Makanan Hasil Fermentasi

Selain makanan berserat Anda juga bisa mengonsumsi makanan dari hasil fermentasi seperti misalnya yoghurt, karena makanan dengan hasil fermentasi dipercaya kaya akan vitamin yang sangat mampu membantu organ pencernaan Anda untuk mencerna makanan dan membuang sisa makanannya. Bakteri yang ada pada yoghurt ini mampu membantu kesehatan organ pencernaan karena bakteri ini mampu memberikan keseimbangan mikro flora di dalam usus yang memberikan sumbangsih pada kelancaran pencernaan termasuk di dalamnya kelancaran dalam buang air besar.

Jadi apabila Anda mengonsumsi yoghurt ini secara rutin, akan membuat pencernaan Anda menjadi lancar dan menjadi cara melancarkan BAB secara alami. Dengan demikian kotoran sisa makanan bisa terbuang dengan lancar dan alhasil badan menjadi lebih sehat dan ada kemungkinan perut menjadi sedikit lebih langsing karena terkadang perut buncit itu diakibatkan oleh penumpukan sisa makanan di dalam usus dan organ pencernaan yang tidak terbuang. Mungkin karena hal itu pulalah maka ada sebagian besar orang yang percaya dengan secara rutin mengonsumsi yoghurt dapat menurunkan berat badan dan membentuk badan lebih ideal tentunya dengan diimbangi pula dengan olahraga yang dilakukan secara rutin.

Hindari Cafein dari Kopi

Bagi Anda seorang penikmat kopi pasti akan sedikit terusik dengan tips satu ini, karena salah satu penyebab dari gangguan pencernaan dan juga sulitnya buang air besar adalah karena konsumsi kafein. Jadi memang kafein dalam tubuh akan mengurangi cairan dalam tubuh, sehingga akan lebih mudah mengalami dehidrasi dan kemungkinan akan menyebabkan sulitnya buang air besar.

Dengan demikian maka apabila Anda mengalami gangguan pencernaan dalam hal ini buang air besar, maka sebaiknya sedikit mengurangi kandungan kafein yang masuk dalam tubuh. Hal ini mengisyaratkan untuk mengurangi konsumsi kopi. Selain kafein pada kopi, teh juga mengandung kafein. Sehingga sebaiknya sedikit mengurangi konsumsi teh. Cara terakhir yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membuang air besar secara rutin, dengan mengusahakan secara rutin membuang air besar tubuh akan secara otomatis mensistem kinerja pencernaan dan berakibat pada kelancaran buang air besar. Ada juga banyak sekali produk herbal yang membantu memperlancar buang air besar yang bisa digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan seperti misalnya Fiforlif yang menjadi salah satu cara melancarkan BAB secara alami.

Atasi Susah BAB dengan Fiforlif

Fiforlif adalah suplemen berbentuk jus fiber yang mengandung goji berry yang sangat terkenal dan baik untuk saluran pencernaan Anda. Dengan konsumsi minuman fiforlif fiber yang kaya akan serat ini secara teratur yaitu 2 kali dalam sehari maka Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari semua usaha Anda untuk lebih menyehatkan tubuh dan pencernaan Anda hanya dengan mengkonsumsi minuman jus fiber instant Fiforlif. Karena dengan konsumsi produk ini Anda tak perlu lagi repot mencari berbagai jenis buah dan sayuran segar untuk di dapatkan nutrisinya, berbagai jenis vitamin serta kandungan lainnya yang mungkin bisa lebih sulit lagi di dapatkan.

error: Content is protected !!